briefing konten media sosial "Tarif Efektif Rata-Rata (TER)"

 


Konten TER (tarif efektif rata-rata)

link hasil briefing dapat dilihat pada tautan berikut: https://www.instagram.com/pajaksumselbabel/reel/C3iZHROhj22/


Model: Elvira

Konsep: Talking Head TER (Menjelaskan tentang TER)

setting: kongsi

 

Alur : Elvira menjelaskan terkait TER apa saja dan menegaskan TER bukan beban pajak baru

prolog :

Emang bener ada jenis pajak baru? Beban pajak nya nambah? TER kali.

Isi :

TER adalah Tarif Efektif rata-rata yang memberikan kemudahan untuk menghitung pemotongan PPh Pasal 21 atas penghasilan orang pribadi di setiap masa pajak.

Sederhananya, mengalikan penghasilan bruto kalian dengan tarif efektif rata-rata yang sudah ditentukan berdasarkan PMK 168 tahun 2023.

 

 

Detail penjelasan :

Contoh, Mr. M adalah pegawai tetap yang bekerja pada perusahanan PT ABC dan memperoleh penghasilan 15.000.000 perbulan, Mr M membayar iuran pensiun sebesar 150 ribu.

maka untuk menghitung PPh Pasal 21 nya adalah dengan mengalikan penghasilan sebulan Mr M dengan tarif TER 6%, (kenapa 6%, 6% adalah angka yang telah ditentukan dalam table acuan TER yang dapat dilihat pada pmk 168).

maka selama bulan januari hingga November pajak terutang Mr. M per bulan adalah sebesar 900.000

Nah untuk masa pajak desember, cara menghitungnya agak beda kawan pajak. Kawan pajak harus menghitung pajak terutang selama setahun dengan cara; penghasilan sebulan mr. M dikurangkan dengan biaya jabatan dan iuran pensiun, disetahunkan, dikurangkan dengan PTKP, lalu penghasilan kena pajak nya dikalikan dengan tarif PPh pasal 17.

setelah hasilnya didapat, hasil tersebut barulan dikurangkan dengan jumlah pajak yang sudah dibayar dari bulan januari sampai November.

jadi tetap sama kan pajak terhutang nya selama satu tahun pajak.

kesimpulan :

nah udah jelas kan?

Jadi, ga ada yaa jenis pajak baru, beban pajaknya juga ga nambah. Pajak Penghasilan #kawanpajak tetap sama besarnya antara sebelum berlakunya TER dan saat berlakunya TER.

 

 

hanya saja ada kemungkinan pajak yang dipotong di bulan desember akan lebih besar atau lebih kecil daripada bulan lainnya dalam tahun pajak berlangsung, tapi tenang,  Pajak Penghasilan #kawanpajak tetap sama besarnya antara sebelum berlakunya TER dan saat berlakunya TER,

 

Posting Komentar untuk "briefing konten media sosial "Tarif Efektif Rata-Rata (TER)""